Ratu Hemas dan Martha Tilaar Luncurkan Buku Perempuan Parlemen

Ratu Hemas dan Martha Tilaar Luncurkan Buku Perempuan Parlemen
Sebuah buku berjudul“Perempuan Parlemen Dalam Cakrawala Politik Indonesia” yang disusun oleh dua tokoh nasional, yakni Gusti Kanjeng Ratu Hemas dan DR (HC) Martha Tilaar diluncurkan di Gedung Nusantara V, komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu lalu. Peluncuran buku ini dihadiri ratusan undangan, termasuk kalangan anggota DPR RI, DPD RI dan DPRD serta para aktifis perempuan dan politik.

Kedua penyusun memiliki latar belakang berbeda, GKR Hemas adalah Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI, sedangkan Martha Tilaar adalah CEO Martha Tilaar Group. Keduanya memiliki kepeduliaan yang sama bagi peningkatan keterwakilan dan kualitas perempuan di ranah parlemen.

Buku yang disusun oleh Indra Syamsi (merangkap editor), Lolly Suhenti, Firmansyah MS dan Luviana ini terdiri dari dua bagian. Bagian pertama merupakan substansi dan pembahasan dalam acara Konsolidasi Nasional Jaringan Kaukus Perempuan Parlemen se-Indonesia (Konas) yang dilaksanakan pada 20-23 April 2012 di Jakarta.

Konas tersebut diadakan bukan hanya untuk mengevaluasi kinerja, tapi juga menyingkap peluang dan kendala perempuan parlemen dalam upaya meningkatkan keterwakilannya dalam Pemilu 2014. Konas diikuti oleh perempuan baik anggota DPR RI, DPD RI maupun DPRD Propinsi/Kabupaten/Kota seluruh Indonesia berjumlah 395 orang. Rangkaian kegiatan Konas terdiri dari seminar, workshop paralel, dan perumusan manifesto.

Pada bagian kedua, buku ini mengedepankan pula profil dari perempuan parlemen yang dianggap mewakili 33 propinsi se-Indonesia, baik dari DPRD Propinsi/Kabupaten/Kota dan nasional (DPR/DPD RI). Mereka yang ditampilkan merupakan potret ideal perempuan parlemen dalam mengoptimalisasikan perannya melaksanakan fungsi parlemen demi menyejahterakan rakyat. (jn/afr)

We have 30 guests and no members online